Cara Efektif Merayu Di Tempat Kerja

Sejak kaum wanita mulai memasuki dunia kerja di tahun 50-an, dunia kerja telah menjadi salah satu obat perangsang paling potensial yang bisa dibayangkan. Cara ini cocok dengan salah satu prinsip dalam merayu: Fokus tidak diberikan pada partner merayu atau pun pada diri Anda sendiri, namun lebih kepada orang ketiga, isu, atau aktivitas yang lain. Dunia kerja memnuhi syarat ini dengan sempurna.

Namun merayu dalam dunia kerja tetap saja terikat dengan beberapa ketidakleluasaan. Anda harus bisa mengharigai kerja Anda dengan memberikan kontribusi penuh terlebih dahulu terhadap pekerjaan Anda. Jangan sampai Anda melupakan kewajiban membuat laporan kerja tahunan gara-gara Anda keasyikan merayu. Namun jika Anda merasa bisa menyeimbangkan antara keduanya, sejauh menyangkut kegiatan merayu, batasnya adalah langit.

Merayu membuat orang-orang yang berbeda merasa satu. Anda dapat merayu dengan siapa saja, mulai dari sekretaris sampai dengan Komisi Pemegang Saham di perusahaan Anda, dengan Kepala Personalia atau dengan asisten pribadi Anda.

Lagipula tahukah anda kalau kebanyakan hubungan kerja yang menyenangkan antara pria dan wanita sebenarnya mengandung unsur rayu-merayu yang mengikat mereka? Dalam hubungan kerja yang menyenangkan, baik pria mau pun wanita selalu mengekspresikan penghargaan mereka terhadap satu sama lain; itu namanya merayu! Mereka mengetahui garis besar situasi kerja masing-masing, yang juga berarti mereka tahu kapan kegiatan merayu harus berhenti. Hal ini disebut “penutup rayuan”; karena melindungi kegiatan merayu Anda sedemikian rupa sehingga akan terus berlangsung, namun selalu di bawah kontrol dan tidak dalam situasi mengancam.

Tapi kadang sebagian dari kita yang tidak dapat menahan diri untuk merayu. Memang sangat sulit. Anda disarankan untuk melakukan rayuan di waktu-waktu paling ‘bebas’ dari kegiatan merayu. Jangan merayu di dekat mesin pembuat kopi; malah dengan tidak melakukannya Anda memberi kesan keren kepada incaran Anda. Jangan pernah melakukan rayuan di pesta kantor (tapi seminar sehari atau workshop adalah surga bagi semua perayu). Juga jangan pernah merayu selagi Anda berjalan pulang atau ketika berada dalam lift menuju tempat parkir. Kenapa tidak? Karena semua orang melakukannya. Lagipula, hal itu dapat memberi kesan pada orang tersebut bahwa Anda tidak sibuk malam itu. Meski pun waktu merayu paling baik adalah pada saat jam pulang kantor (sekitar jam 5 sampai dengan jam 7 sore), namun jika pada jam-jam itu setiap harinya Anda telah meninggalkan kantor untuk pulang, maka jam merayu Anda bisa dipindahkan sampai dengan jam 4 sore. Ditambah dengan sedikit manuver cantik untuk target rayuan selama Anda berada di lingkungan kantor. Kecuali ada alasan tepat yang membuat Anda harus beraksi, merayu harus Anda lakukan ketika Anda sedang berdua saja. Kalau tidak, gosip akan cepat sekali menyebar bahwa Anda menyukai target meski sesungguhnya itu adalah hal yang sedang terjadi. Waktu yang juga baik untuk merayu adalah pada saat Anda berdua sedang mendiskusikan suatu proyek, masalah, atau isu yang pelik. Merayu pada saat dia datang ke meja Anda hanya untuk meminta penjepit kertas sia-sia saja dan dapat disalahartikan. Dalam dunia kerja peraturannya adalah; setiap orang melakukan rayuan setiap waktu. Manuver rayuan yang saling timbal balik terjadi setiap waktu di semua tempat.

Tags: , , , , ,

AUTHOR

# Full time business development member, part time philosopher, amateur web programmer, Ubuntu lover, and guitar player.

7 tanggapan untuk “Cara Efektif Merayu Di Tempat Kerja”

  1. quinie
    July 22nd, 2009 at 00:30 | #1

    pertamax dong
    bacanya ntar ajah, gua udah kesiangan nih mo ngantor duyu. lagian dari semalem ga bisa muyu siiihhh seeebeeell

  2. quinie
    July 22nd, 2009 at 12:19 | #2

    holaaa.. gua dah pulang kantor…
    hm.. panjang juga ya? gua mandi duyu dah, ntar baca lagih…

  3. July 22nd, 2009 at 12:24 | #3

    wah kalo bos yg merayu sekretarisnya gimana neh?????

  4. quinie
    July 22nd, 2009 at 12:58 | #4

    ah ga ngerti….

  5. iswandi
    May 31st, 2010 at 22:12 | #5

    tolong cari kan saya seorang pacar yang setia dalam keadaan susah maupun senang

  6. iswandi
    May 31st, 2010 at 22:14 | #6

    saya sedang ingi mencari seorang gadis yang mencintai saya apa ada nya dan beragama islam

  7. iswandi
    May 31st, 2010 at 22:18 | #7

    aku orangnya kurang pede but aku jujur dan setia serta muslim dan tidak sombong klo ada yang beranggapan lain itu mungkin hanya prasangka seseorang aja niat buruk orang aja yang ingin aku dipandang jelek oleh orang disekitarku dan masyarakat setempat 🙄 😕

Silakan Beri Komentar