Kritik Terhadap Lirik Lagu Kerispatih | Demi Cinta

Sudah tahu kan Kerispatih? Salah satu band yang naik daun di Republik Indonesia kita yang tercinta ini. Banyak lagunya yang bernada bagus, menarik, mengalunkan melodi tentang cinta. Sehingga banyak penggemarnya terbius dengan lantunan lagu band ini. Apalagi banyak pula lagu Kerispatih ini berisi tentang kisah patah hati, atau sakit hati pokoknya berhubungan dengan cinta-cintaan deh. Salah satu lagunya yang enak didengar berjudul Demi Cinta. Berisi tentang seseorang yang kehilangan cintanya, coba saja baca lirik lagu Demi Cinta dari Kesipatih yang telah saya sediakan di bawah ini, Miuuuziiikk! Plaayy! 😎

Maaf ku telah menyakitimu, ku telah kecewakanmu
Bahkan ku sia-siakan hidupku, dan ku bawa kau seperti diriku

Walau hati ini trus menangis, menahan kesakitan ini
Tapi kulakukan semua demi cinta

akhirnya juga harus kurelakan, kehilangan cinta sejatiku
segalanya telah kuberikan, juga semua kekuranganku

jika memang ini yang terbaik, untuk diriku dan dirinya
kan kuterima semua demi cinta

Reff:

Jujur aku tak kuasa, saat terakhir kugenggam tanganmu
Namun yang pasti terjadi
Kita mungkin tak bersama lagi

Reff 2:

Bila nanti esok hari, Kutemukan dirimu bahagia
Ijinkan aku titipkan, kisah cinta kita selamanya

Ulangi Reff lalu Reff 2

Demi cinta…

Bagus liriknya? Tentunya donk.. Tetapi akan lebih bagus lagi jika tahu lagunya, silakan saja cari MP3nya atau dengarkan di radio. Lalu apa maksud POSTINGAN INIIIII!!! x( Oh iya maaf hampir saja lupa. Begini saudara-saudara.. Coba baca reff pertamanya:

Jujur aku tak kuasa, saat terakhir kugenggam tanganmu
Namun yang pasti terjadi
Kita mungkin tak bersama lagi

Pada baris pertama “Jujur aku tak kuasa, saat terakhir kugenggam tanganmu” tidak ada masalah, namun pada baris kedua merupakan awal dari masalah yaitu “Namun yang pasti terjadi” dan baris ketiga adalah permasalahannya “Kita mungkin tak bersama lagi”. Salahnya di mana? Baca baris kedua dengan seksama, dan akan saya tegaskan “Namun, yang pasti terjadi” yak.. kejadiannya pasti! Nah baris ketiga “Kita mungkin tak bersama lagi”

Di sini bisa dilihat ada kemungkinan bisa bersama atau tak bisa bersama lagi, atau dengan kata lain ada Ketidakpastian. Tetapi kita lihat pada baris ke dua dari reff pertama, ada kata “pasti”, dan baris ketiga ada kata “mungkin”. Kritik saya, bagaimana mungkin sesuatu yang pasti sekaligus menjadi kemungkinan. Kalau dalam logika ini bisa dinamakan contradictio in terminis.

Yak itulah kritik saya, dengan ini berhati-hatilah dalam membuat kalimat dan jangan asal enak didengar saja, tetapi juga perhatikan liriknya. 🙂 Akhir kata sekian kritik saya.

Tags: , , ,

AUTHOR

# Full time business development member, part time philosopher, amateur web programmer, Ubuntu lover, and guitar player.

38 tanggapan untuk “Kritik Terhadap Lirik Lagu Kerispatih | Demi Cinta”

  1. April 29th, 2009 at 11:53 | #1

    wah, cermat sekali ya, aku malah tidak sempat memperhatikan hal-hal sepert itu…

  2. HanniMU
    April 29th, 2009 at 13:11 | #2

    lagunya yang mana ya dul?

  3. HanniMU
    April 29th, 2009 at 13:19 | #3

    Doh, kok gini seh lagunya wat hanniMU????? baru dimulai kok udah minta pisahan sehhh :(( :(( :((

  4. April 29th, 2009 at 15:43 | #4

    hwhahaha…iya neh lagi males mosting…
    ngomong2 kritikus lirik juga ya mas april….
    Yang pasti mungkin itu karena hanya ngepasin liriknya ajah…..hahahahaha

  5. HanniMU
    April 29th, 2009 at 16:11 | #5

    wadoh, kok galak nian seh sama hannimu? jauh aja kayak gene palagi deket ditabok hannimu ini jangan2 :((

  6. April 30th, 2009 at 03:14 | #6

    lha wong cuman lagu lho

    kalo ngak mau… bikin grup band terus buat jawaban atas lagu tersebut
    wakakakakakakakakakaka kayak lagu jaman dulu itu lho… ada jawabanya wakakakakakaka

  7. April 30th, 2009 at 06:49 | #7

    itu namanya ragu2 untuk berpisah
    pasti ga ya?
    mungkin ga ya?

    lha aprillins kok berantem ma hanimun
    ahh untung bukan hanoman
    jiakakakakaka
    ato halilintar kaleee ya

  8. HanniMU
    April 30th, 2009 at 10:12 | #8

    Kurang asem nih ayya. masa hannimu dipanggil hanoman sih!!! :(( :(( :((.

  9. April 30th, 2009 at 10:52 | #9

    hanomannnnnnnnnnnnnn where r u?

  10. April 30th, 2009 at 13:02 | #10

    Hallo kunjungan dari blogger solo….have a nice day…and keep the good work!

    komentar ini telah disunting oleh admin

  11. HanniMu
    April 30th, 2009 at 13:27 | #11

    Gpp dipanggil Ayya Hanoman. Hannoman yang intelek, cute, rajin menabung, baik hati, penuh cinta, penuh makanan, penuh maaf, dsb yang baik2.

    kalau suka ngomong dong Ya, jangan pake acara bilang Hanoman :((

  12. April 30th, 2009 at 14:47 | #12

    thats my favorite song before terendap laraku. daleeeemmm rasanya. Btw, hannimu ntu hanny yang lu sebut2 lebih galak dari gua?! ck ck ck

  13. April 30th, 2009 at 15:08 | #13

    @atta: tuh bang,, kalo suka ngomong jangan hanoman2 ehuheueh 🙂 si hanni cakep loh… hueheuheu 🙂
    @hanni: sabar hanni.. semoga kamu mendapat balasan yang setimpal dari tuhan yang maha esa.. heueheuh.. btw.. menurutmu gimana bang atta itu? heueh
    @quinie: aku suka demi cinta.. terendap laraku juga bagus.. mungkin dalem karena ada pengalaman ;)) Wogh.. jangan salah hanni itu galak amat.. lebih galak zombie.. peaacee B-)

  14. HanniMu
    April 30th, 2009 at 18:17 | #14

    menurut hannimu ini si ayya itu orangnya sombong mentang2 dikejar2 ayam jadi gak mau noleh ke hannimu. trus belagu (belagu kan ponakan ya sama sombong?), trus pelit, trus jaim abiz, trus nyebelin, trus (pokoknya yang jelek2 deh).

    Sssttt, sweatheart jangan bilang2 sama orangnya yak.

    Kabur dulu ah,

  15. May 1st, 2009 at 00:01 | #15

    itu khan cuman lagu,…. biar liriknya enak didengan tanpa memperhatikan makna dan susunan kata2nya. Tapi pikir2 bener juga yah,…. kalau bukan kita sbg Bangsa Indonesia yang menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar,… siapa lagi??

  16. May 1st, 2009 at 00:06 | #16

    Disamping jadi ahli filsafat,… nyambi jadi kritikus sastra. Hormat saya untuk anda.

  17. May 1st, 2009 at 01:08 | #17

    @hanni: hanni… udah saya laporin ke bang atta dengan langsung, tatap muka,. bahkan saya rela ke pekanbaru semalam untuk menyampaikan pesan.. lebay mode on.. ;))
    @pak iwan: wew.. tepat sekali pembelaan pak iwan kepada saya..! ya semua tentang bahasa indonesia.. wew.. nyambi jadi kritikus sastra.. titel yang bagus 🙂

  18. May 1st, 2009 at 04:15 | #18

    komennya ntar
    aku mo jumatan dulu
    doain hanoman hanimun halilintar
    gubrak

  19. May 1st, 2009 at 09:44 | #19

    hani tuh intelek, cutek, hati baik, tidak sombong, suka menabung, suka pipis, suka ma dapid bekam

  20. May 1st, 2009 at 15:05 | #20

    oohh suka david beckham tooohhh.. heuehueheuehuehu

  21. HanniMu
    May 1st, 2009 at 21:49 | #21

    ah depid pekam kaga ada apa2nya sama dirimu sweatheart ;), dia cuma pemaen bola, dirimu kan pemain cewe.

    Kaburrrrrrrrrrrrrr!!!!!!

  22. HanniMu
    May 1st, 2009 at 21:52 | #22

    teruntukmu hatiku
    inginku bersuara
    merangkai semua tanya
    imaji yang terlintas
    berjalan pada satu
    tanya slalu menggangguku
    seseorang itukah dirimu kasih

    kepada yang tercinta
    inginnya ku mengeluh
    semua resah di diri
    mencari jawab pasti

    akankah seseorang yang kuimpikan kan hadir
    raut halus menyelimuti jantungku

    cinta hanyalah cinta
    hidup dan mati untukmu
    mungkinkah semua tanya
    kau yang jawab

    dan tentang seseorang
    itu pula dirimu
    ku bersumpah akan mencinta

    Liriknya siapa hayooo???

  23. May 2nd, 2009 at 00:02 | #23

    diriku pemain cewe? oh ya?? bagaimana dirimu mengetahuiku seperti itu? saya rasa tidak, saya hanya pemain kompi… 😉
    saya tauu..! itu lagunya anda kan? tentang seseorang suit suit :-*

  24. May 2nd, 2009 at 07:41 | #24

    KoQ nyasar keartikel ini yah?…. soalnya lagi lola nih my IM2

  25. May 2nd, 2009 at 10:37 | #25

    aq lebih suka bondan, gak melulu cinta. lebih kreatif, nyanyi kan gak harus mewek2.
    salah sambung komenmu nak…

  26. adinuari kalangkabut
    May 2nd, 2009 at 10:39 | #26

    walau bagaimanapun aq g suka kerispatih, hehe

  27. May 2nd, 2009 at 13:47 | #27

    waw hebat.
    aku nggak kepikiran sama sekali
    jiakakaka

  28. May 2nd, 2009 at 15:10 | #28

    hahhaah , aduhaduh . ga begitu memperhatikann lirik naa juga sii :p hehehe

  29. HanniMu
    May 2nd, 2009 at 22:27 | #29

    hehehehe….

  30. Bayu ADA
    May 17th, 2009 at 17:23 | #30

    wew…teliti juga…iya jg sih….kontradiktif ya…

    Namun yang pasti terjadi
    Kita mungkin tak bersama lagi

    klo aku sih ngartiinnya
    yang pasti terjadi sebuah keadaan dimana “kita mungkin tak bersama lagi”….beda point of view aja sih…tapi emang bener juga klo bedasarkan arti secara harfiah…kedua kalimat itu memang bertolak belakang….tapi klo saya liat/dengar/rasakan….untuk “kita mungkin tak bersama lagi” saya liat menjadi satu bundle utuh…halah..halah…ngomong apa ya aku ini..hehe….jadi pucyink nih…hehe…peace ahh…salam ti Bayu Adi Dwi Ananda….

  31. July 13th, 2009 at 06:41 | #31

    nurut saya tidak ada yg aneh dalam syair itu. “pasti” vs “mungkin”, tinggal masing2 nilai dari sisi yg mana. yg jelas, hanya si penulis syair yg tau artinya. bg kita salah ato aneh, blm tentu bagi org lain salah ato aneh kan. inilah kehidupan, teman. tq

  32. Mario
    May 22nd, 2011 at 10:40 | #32

    sejak ganti vokalis , jujur aja suara krispatih tidak menarik. group band ini makin hancur… tolong dong vokalisnya sekolah lagi

  33. sofyan rosyadi
    August 19th, 2014 at 21:26 | #33

    Sarannya mana ya ??

Silakan Beri Komentar