Mencegah Informasi SMS Disadap Oleh KPK atau Pihak Asing

KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) menyadap telepon. Itulah yang saya baca pada tanggal 6 April 2009 di blog bang Atta. Atta menjelaskan bahwa sebenarnya bisa saja komunikasi kita disadap oleh pihak yang tidak kita duga, misalnya KPK, orang asing (dari negara tertentu), orang iseng, teman, atau bahkan keluarga kita sendiri. Dalam postnya Atta juga mengakui bahwa ia telah menyadap SMS seorang PNS yang sedang ber-SMSan dengan istrinya sang PNS. Dapat diambil kesimpulan bahwa Atta memiliki alat penyadap untuk menyadap komunikasi berbentuk SMS. Tidak menutup kemungkinan bahwa komunikasi verbal juga bisa disadap oleh Atta. Begitulah nyatanya bahwa teknologi memungkinkan orang lain bisa dengan mudah masuk ke dalam kehidupan pribadi kita.

Usaha untuk mencegah terjadinya pemahaman terhadap informasi (terbongkarnya kerahasiaan informasi) yang disadap maka orang dalam berkomunikasi harus menggunakan enkripsi. Istilah ini mungkin tidak asing lagi bagi yang berkutat dalam bidang komputer, tetapi apa itu enkripsi? Sebelum ke definisi enkripsi ada baiknya diketahui terlebih dahulu tentang Kriptografi. Apa itu Kriptografi? Menurut Menezes, kriptografi adalah ilmu yang mempelajari berbagai teknik matematika yang berhubungan dengan aspek keamanan informasi seperti kerahasiaan, integritas data dan otentikasi (Munir, 2:2006). Sedangkan enkripsi di sini merupakan suatu proses menyandikan plainteks menjadi cipherteks (Munir, 3:2006). Dari sini terlihat ada tujuan dalam sebuah penyandian yaitu tentunya keamanan, oleh sebab itu enkripsi merupakan bentuk nyata dari aplikasi kriptografi. Ada pun tujuan dari kriptografi yaitu: 1. Merahasiakan data, 2. Menjaga keutuhan data, 3. Mencegah pihak yang tidak diinginkan mengetahui dan memanfaatkan data.

Bagaimana bisa kriptografi melindungi informasi supaya kerahasiaannya tidak diketahui oleh orang lain atau orang yang tidak dikehendaki? Caranya yaitu menggunakan enkripsi, tulisan anda diubah menjadi sandi (penyandian) yang tidak dapat dipahami maknanya oleh orang lain dan hanya andalah yang tahu bagaimana cara memahaminya. Mungkin ibaratnya seperti isyarat, tetapi akan lebih baik jika diberi contoh sebagai berikut:

Anda menulis “ada apa” bisa saja anda menyandikannya menjadi “ad aa pa” atau yang lebih sulit lagi “pa aa ad” lebih lagi jika huruf disimbolkan atau direpresentasikan dengan angka atau huruf yang lain. Tentu saja hanya anda yang memahami caranya, dan apabila orang lain ingin memahami maka anda harus memberitahu cara membacanya. Yaitu dengan cara memilah kata menjadi 2 huruf dan membacanya dari belakang, nah cara membaca ini disebut dekripsi. “saya makan nasi putih” menjadi “sa ya ma ka na si pu ti h” masih bisa terbaca? coba dibalik urutannya menjadi “h ti si na ka ma ya sa” sulit dipahami kan? Tetapi setelah ada penjelasan anda bisa mengerti.

Ini hanya sekedar deskripsi dan contoh saja tentang enkripsi, selengkapnya dan lebih bagus lagi anda bisa menggunakan berbagai algoritma enkripsi (jalan/cara/logika mengenkripsikan) yang tersedia bebas di internet seperti DES, Triple DES, Blowfish, Twofish, RC5, MD5, atau AES. Semua itu merupakan algoritma dalam mengenkripsikan. Oleh karena itu dalam kasus ini, anda perlu mengakomodasi SMS anda dengan enkripsi mungkin dengan suatu program sederhana. Program sederhana ini bisa dibuat oleh programmer dan tentu saja menjadi peluang bagi programmer untuk berbisnis menjual program enkripsi dan dekripsi buatannya. Mengingat ada banyak merek ponsel dengan sistem operasi yang berbeda pula seperti Windows Mobile 6, Linux, Symbian, dan lainnya, ini membuat peluang programmer untuk membuat program enkripsi SMS menjadi lebih luas lagi!

Daftar Pustaka:

Munir, Rinaldi. Kriptografi. Bandung: Penerbit Informatika. 2006

Catatan: Tulisan ini dibuat sesingkat mungkin sehingga dalam mendefinisikan kriptografi, enkripsi, dan dekripsi penjelasannya kurang. Namun dibuat sebisa mungkin agar mudah dipahami maksud saya. Oleh karenanya kalau ada kekurangan mohon jangan dimaafkan tapi diberi saran,, ehuhueheuheuehueuh

Tags: , , , , , , ,

AUTHOR

# Full time business development member, part time philosopher, amateur web programmer, Ubuntu lover, and guitar player.

3 tanggapan untuk “Mencegah Informasi SMS Disadap Oleh KPK atau Pihak Asing”

  1. April 16th, 2009 at 09:28 | #1

    lahhhhhhhh..
    kirain mo diaksi tau program yang dipake biar gag bisa disadap…
    ternyata.. tapi gag papa gag mama…
    Itu juga sangat bagus infonya….

  2. May 13th, 2014 at 21:08 | #2

    nyahoo dech

Silakan Beri Komentar