AJAX Membangun Web Dengan Teknologi Asynchronouse

Judul: AJAX Membangun Web Dengan Teknologi Asynchronouse JavaScript & XML

Pengarang: Andi Sunyoto, M.Kom

Penerbit: Andi Yogyakarta

Tahun Terbit: 2007

Jumlah Halaman: xiv + 226 hal

Buku ini terdiri dari 11 Bab yaitu sebagai berikut:

1. INSTALASI SOFTWARE (hal 1-4)

2. EXTENSIBLE HYPERTEXT MARKUP LANGUAGE (hal 7-14)

3. JAVASCRIPT (hal 17-59)

4. EVENT-DRIVEN DAN ELEMETN FORM HTML (hal 61-76)

5. HTML DOM (hal 79-89)

6. XML DOM (hal 93-118)

7. SERVER-SIDE PROGRAMMING – PHP (hal 119-144)

8. PHP DAN MYSQL (hal 145-157)

9. PENGENALAN AJAX (hal 159-170)

10. AJAX DAN OBYEK XMLHTTPREQUEST (hal 171-194)

11. PHP, AJAX, DAN DATABASE (hal 199-215)

Kelebihan:

Buku ini sangat bagus untuk yang sangat amat benar-benar pemula sekali (wah berlebihan nih.. 🙂 hehehe) dalam mengenal bahasa pemrograman web. Bagi mereka yang benar-benar baru terjun ke dalam pemrograman web dan ingin langsung menggunakan Ajax sangat disarankan menggunakan buku ini. Buku ini membahas dari awal :: instalasi software – common web programming languages – AJAX :: sampai akhir. Selain itu penulisannya memakai bahasa yang cukup awam dan disertakan juga berbagai gambar untuk men-cek kesesuaian antara tulisan dengan hasil di lapangan (emangnya Kuliah Kerja Praktek apa??!). Terakhir, juga disertakan CD yang berisikan berbagai source code yang dibahas dalam buku.

Kekurangan:

Untuk para manusia yang merasa dirinya professional web developer/master sangat amat saya sarankan sekali (ni juga berlebihan.. 🙂 ehehehe) JANGAN MEMBELI BUKU INI. Kalau pun merasa butuh lihat saja Bab 9 dan Bab 10 di toko buku terdekat seperti Gramedia yang menyediakan sampel untuk dibaca-baca itu pun kalau ada.. (bagi yang suka baca gratis di Toko Buku Gramedia jangan tersinggung.. 🙂 saya juga kok hehehe). Dengan membaca kedua Bab tersebut niscaya anda akan sangat terpesona dan paham tentang xmlhttprequest ini. Apabila anda tidak percaya dengan kata-kata saya silakan saja beli buku ini tanpa membukanya terlebih dahulu.. Sesampainya anda di rumah niscaya anda akan menyadari betapa naifnya anda. (najis banget sih kalimat gue,,,). Kekurangan lainnya yaitu CD yang disertakan hanya sedikit memberikan contoh Ajax. Oh iya satu lagi.. yang mungkin bikin anda kesal, dalam buku ini hanya dibahas metode GET saja!! Sedangkan POST-nya anda cari di search engine yang saya cantumkan di page header situs ini.

Saran:

1. Cari di Google dengan query (kalimat/kata) ‘ajax post’ ntar muncul bejibun results deh..

2. Jangan coba-coba untuk buat script untuk nge-post comment ke www.friendster.com dengan metode Ajax karena akan membuat anda kesal.

3. Apabila anda menyesal membeli buku ini, silahkan sumbangkan ke perpustakaan terdekat.. jangan dirobek-robek.. emangnya belinya pake daun apa,,?!

4. Buat Pak Andi Sunyoto, jangan marah yah kalau saya tulis resensi seperti ini karena inilah keobjektivan suatu pemikiran (gaya banget ya.. ‘keobjektivan suatu pemikiran’ heuhuehe)

Keanehan:

Kok bisa yah.. nama pengarang sama penerbitnya sama?! Bisa aja nih pengarangnya.. hehehe

Tags: , , , , , ,

AUTHOR

# Full time business development member, part time philosopher, amateur web programmer, Ubuntu lover, and guitar player.

4 tanggapan untuk “AJAX Membangun Web Dengan Teknologi Asynchronouse”

  1. April 15th, 2009 at 02:42 | #1

    Huahahahahahaha………………………….
    Aku gag begitu suka buku komputer yang diterbitin ma andi offset… gag tau kenapa… mungkin penulisnya rata² *keliatan* pelit ma ilmu… kebanyakan u/ pemula… trus dari 1 buku ke buku yang laen hampir mirip yang dibahas… *maksudte…?*
    nah ngemeng² Andi Sunyoto sipa ya…? Dia dosenku di AMIKOM hahahaha.. tapee dewwww…..

  2. April 15th, 2009 at 05:44 | #2

    Naaahh… itu dia…. pelit yah……. buku ini juga yang dibahas begitu dasar jauh dari AJAX itu sendiri.. ajaxnya cuma di bab terakhir aja.. huh huh.. berarti memang ccocok untuk pemula.. hehe..

    dosen di amikom?? 😮 wow….. berarti hooooo!!!

  3. deny
    January 6th, 2011 at 08:58 | #3

    gmn tah cra ngehack fb?

Silakan Beri Komentar