Pertamax: Istilah Internet Artinya Bukan Bensin

Pertama kali mendengar istilah ini mungkin terkesan fanatik terhadap salah satu produk bensin Badan Usaha Miliki Negara yaitu Pertamina. Benar, kata “Pertamax!” Begitulah kata yang dituliskan oleh salah satu pengunjung Blog atau Forum pada bagian komentar/tanggapan. Biasanya kata atau istilah “Pertamax!” ini hanya terdapat pada komentar pertama di salah satu post dalam suatu blog atau forum. Lalu apa artinya? Sebelumnya bacalah terlebih dahulu kalimat ini “pertama kali saya yang berkomentar di tulisan (post) pada blog ini.” Kalau disingkat mungkin akan lebih mudah yaitu menjadi “Pertama x sy yg nulis di blog ini,” Nah dari situlah muncul keinginan atau apalah untuk menyingkat kata “Pertama kali” atau “Pertama x” menjadi “Pertamax.”

Berarti, orang yang meneriakkan “Pertamax!” adalah suatu istilah yang menandakan bahwa ia merupakan orang yang pertama mengomentari suatu topik, entah itu dalam blog mau pun forum. Memangnya apa keuntungan menulis komentar pertama dan menyebutkan “Pertamax!” ? Dalam hal ini tentu saja si penulis tadi mendapatkan posisi paling atas dalam berkomentar sehingga namanya akan selalu terbaca oleh calon pengunjung lain. Ini pun memperbesar kemungkinan kunjungan orang ke web si komentator. Selain itu istilah ini lebih praktis dan menarik dilihan daripada menulis kata “pertama kali” mau pun “pertama x.”

Ada pun sisi buruk dari adanya istilah ini. Orang akan menulis atau menanggapi suatu topik tanpa membaca isinya terlebih dahulu, karena ia ingin menjadi komentator pertama yang menyebutkan “Pertamax!” serta mendapat keuntungan lainnya. Ini membuat komentator bisa dianggap sebagai Spammer atau Junker apa bila melakukannya terlalu sering dan dalam bentuk massive.

Sebagai tambahan, ada pun keuntungannya bagi Indonesia khususnya bagi Pertamina karena istilah pertamax ini menjadi populer, sehingga pertamina tidak usah sibuk mengiklankan pertamax di dunia maya toh nanti banyak yang bertanya apa sih pertamax dan penjelasannya bisa panjang lebar seperti ini. Selain itu, hal ini juga membangkitkan semangat nasionalisme akan produk bensin buatan dalam negeri. Tidak tahu siapa kali pertama yang menggunakan istilah ini, tapi yang jelas istilah ini merupakan istilah yang populer dan bagus!

Tags: , , , , , ,

AUTHOR

# Full time business development member, part time philosopher, amateur web programmer, Ubuntu lover, and guitar player.

7 tanggapan untuk “Pertamax: Istilah Internet Artinya Bukan Bensin”

  1. winardi
    August 22nd, 2009 at 13:56 | #1

    apakah saya pertamax?

    wakakaka nice info gan!

    memang kadang2 mengesalkan kalo kita buat thread baru di forum diskusi tapi reply pertama cuma malah tulisan “PERTAMAXXX” tapa komen apapun…

  2. April 1st, 2010 at 13:28 | #2

    good posting…. 😉

  3. May 2nd, 2010 at 22:24 | #3

    wah, baru tau saya maksudnya PERTAMAX…………..
    thanks gan……. 😉

  4. stven azz
    May 20th, 2010 at 00:02 | #4

    oooh! nice! bru tau nie! thaks y bwat infony!

    memang byak yg ngmong Pertamax doank! najis!
    mkany w benci rang INDO yg pda gtw dri.(bkany mw ngejelekin INDO, tpi emank w kesel ama rang” yg pda gtw dri.)
    😯 ❓
    😀 😛 😉
    y gak? ❓ ❓ ❓ ❓ ❗

  5. July 28th, 2010 at 11:16 | #5

    jempoll… thanks infonya gan..

  6. Lana
    December 12th, 2010 at 18:06 | #6

    ooooohhh …
    jadi pertamax itu pertama kali ..
    baru tahu …
    tapi koq ada juga sih misalanya di foto/gambar” suka ada yang bilang pertamaz abis itu ketawa”..
    itu gimana ??

Silakan Beri Komentar