Tips Mempelajari Filsafat Dari Scott Hughes

Hampir semua orang bisa berfilsafat tanpa pelatihan formal atau pengalaman. Ini hanya terdiri dari pertanyaan dan berpikir tentang berbagai aspek dasar dari alam semesta mulai dari diri kita sendiri lalu tentang metafisika, pengetahuan, moralitas, dan agama. Meski pun demikian, jika filsafat adalah bidang yang Anda minati, Anda mungkin ingin belajar dan belajar lebih banyak tentang hal filsafat, yang pada gilirannya akan meningkatkan kemampuan filosofis. Mari saya menyarankan beberapa cara untuk belajar filsafat.

  • Sekolah – Anda dapat pergi ke sekolah filsafat yang akan memberikan pendidikan yang sangat formal dalam filsafat. Sebagai tambahan, Anda akan mendapatkan gelar yang dapat membantu Anda dalam hidup. Namun, biasanya bersekolah tentu akan memakai biaya yang banyak. Jika Anda berencana untuk bersekolah, Anda mungkin ingin pergi untuk sesuatu yang lebih praktis daripada filsafat. Sebuah gelar filsafat tidak akan membuka jalur karir sebanyak derajat lainnya. Selain biaya banyak, bersekolah dapat mengambil banyak waktu Anda. Jika Anda memiliki jadwal yang ketat, Anda mungkin tidak punya waktu untuk pergi ke sekolah.
  • Perpustakaan – Jika Anda ingin belajar filsafat, Anda hanya perlu pergi ke perpustakaan dan bukannya pergi ke sekolah. Tanpa biaya, Anda dapat menemukan dan membaca buku, dan Anda bisa mendapatkan berbagai riset filsafat yang telah dilakukan. Tentu saja, Anda tidak akan mendapatkan gelar dari hanya pergi ke perpustakaan. Tetapi Anda akan memiliki kesempatan untuk membaca buku filsafat sebanyak yang Anda inginkan secara praktis tanpa biaya.
  • Internet – Dewasa ini, internet telah meletakkan semua informasi yang bisa Anda dapatkan dari perpustakaan atau sekolah terdekat. Anda dapat menggunakan ensiklopedia online, mesin pencari, dan situs-situs lain untuk menemukan segala macam informasi gratis. Bahkan, Anda mungkin menemukan diri Anda belajar lebih banyak di rumah di depan komputer Anda daripada Anda akan di kelas. Anda dapat menemukan biografi filsuf besar hanya dalam sekejap.
  • Mendiskusikan Filsafat – Mungkin, Anda dapat mengembangkan pengetahuan terbaik Anda tentang filsafat dengan membahasnya lebih lanjut. Tidak seperti hanya membaca buku-buku yang dikarang oleh para filsuf, Anda dapat berinteraksi dengan orang lain ketika benar-benar memiliki hal yang patut didiskusikan. Jadi, Anda dapat mengajukan pertanyaan kepada orang lain, dan Anda dapat mengajukan ide-ide Anda sendiri. Mendapatkan umpan balik penjelasan Anda sendiri dari ide-ide filosofis Anda sendiri mungkin akan membantu Anda belajar filsafat lebih baik daripada pendidikan formal bisa. Anda dapat membahas filsafat dalam kehidupan nyata atau di internet.

Seperti yang Anda lihat, Anda memiliki banyak pilihan untuk belajar tentang filsafat dan mengembangkan kemampuan filosofis. Anda mungkin menemukan cara-cara lain juga.

Apa pun yang Anda lakukan, semoga beruntung dan bersenang-senang!
Scott Hughes

Tags: , ,

AUTHOR

# Full time business development member, part time philosopher, amateur web programmer, Ubuntu lover, and guitar player.

Satu tanggapan untuk “Tips Mempelajari Filsafat Dari Scott Hughes”

  1. April 27th, 2011 at 00:56 | #1

    Mengapa kita harus berfilsaf ? Bagaimana cara saya bisa memhami hakekat dari sebuah filsafat

Silakan Beri Komentar