Salah Satu Tips SEO

Mau tau salah satu tips SEO bagaimana mengoptimalkan pengindexan oleh berbagai Search Engine? Salah satunya adalah membiarkan website kita terindex begitu saja oleh Search Engine. GoogleBot atau Yahoo Slurp akan merasa kelelahan jika website kita berubah ubah setiap hari apalagi yang berubah itu isi postingan. Para bot atau pun robot itu hampir sama seperti manusia, mereka punya batas. Mereka punya batas memori, kecepatan berpikir (processing dalam processor). Jika semua orang di dunia ini mengupdate postingan mereka secara tidak penting, misalnya sekarang Anda menulis tentang SEO yang di dalamnya terdapat kalimat “SEO adalah Search Engine Optimization,” Lalu keesokan harinya Anda ingin mengubahnya menjadi “SEO merupakan Search Engine Optimization,” ini merupakan kerjaan bagi para bot.

Hampir sama seperti manusia, katakanlah diri Anda. Ketika Anda menulis sebuah buku lalu diterbitkan, lalu setelah Anda baca buku itu ternyata ada kesalahan-kesalahan yang tidak begitu penting untuk langsung diubah lalu diterbitkan ulang misalnya, kata “merupakan” ternyata Anda salah ketik jadinya “mrupakan” apa mungkin Anda langsung ke penerbit dan meminta untuk mengubahnya lalu memproduksi buku dengan edisi “sedikit revisi yang memuakkan” tersebut?

Tentu saja GoogleBot tidak mau. Ketidakmauannya bukan dalam bentuk menolak, tetapi akan menganggap bahwa website Anda adalah website spam. Kalau ada kesalahan biarkanlah selama paling sedikit 1 bulan. Karena apa? Pada sitemap juga jadwal pengubahan artikel itu diset Monthly. Memang benar dengan mengubah konten tidak penting akan memancing perhatian GoogleBot, tetapi tidak jelas perhatian apakah itu. Hampir sama seperti manusia bisa terpancing perhatiannya entah karena pancingan itu mengesalkan atau memang menyenangkan. Nah, dalam hal ini Anda akan memancing perhatian berbentuk amarah dari GoogleBot. Amarah tersebut berupa de-indexing atau pencabutan website Anda dari daftar pencarian Google.

Oleh sebab itu janganlah terlalu sering update konten terutama konten posting. Kalau halaman depan memang sebaiknya sehari sekali diupdate. Itulah salah satu tips SEO yang jarang diperhatikan orang. Orang seringkali mengubah halaman website, postingan, dan tetek bengeknya untuk mengambil perhatian Search Engine dengan berharap websitenya ter-index. Sial sekali tampaknya cara murahan itu malah membuat orang masuk ke dalam lubang buaya. Maka setelah menulis artikel tinggalkanlah website Anda, jangan diutak-atik lagi. Biarkan Search Engine bekerja dengan caranya sendiri.

Tags: , , , , ,

AUTHOR

# Full time business development member, part time philosopher, amateur web programmer, Ubuntu lover, and guitar player.

3 tanggapan untuk “Salah Satu Tips SEO”

  1. December 29th, 2009 at 14:52 | #1

    aku juga ada 10 tips seo yang tidak kalah hebat, karya dari Steve Wiidmean. Steve, adalah penulis yang mempopulerkan Free SEO book tentang bagaimana menaikkan peringkat dalam mesin pencari yang berjudul: The Four Layers of the SEO Model. Steve mendapat gelar Bachelor of Science dalam E-Business Manajemen dan memenangkan CCA GREAT Award in 2006. Ia juga mendapat pengakuan untuk mewakili Kongres California sebagai salah satu dari 5 peraih penghargaan nasional dan untuk pekerjaannya yang telah membantu pengusaha untuk bertransisi ke Internet dan membantu siswa mengerti E-Commerce. Dimana dia telah beberapa tahun melakukan eksperimen dengan setengah lusin situs web. silakan click saja nama ku diatas atau langsung ke 10tipsseo.blogspot.com

  2. anita
    July 7th, 2010 at 20:37 | #2

    aduch w pusing bgt,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,coz gw lpa login facebook w, 😉

  3. December 11th, 2010 at 16:34 | #3

    Asik neh baca2 tentang SEO di tempat sobat di sini.

Silakan Beri Komentar