Pro dan Kontra SEO Organik Lawan Iklan PPC

Strategi Pemasaran Online lewat SEO Organik dan PPCSemakin pentingnya pemasaran pada mesin pencari untuk keuntungan online ini memicu perdebatan di industri pada apakah akan menggunakan metode “alami” untuk SEO atau memilih untuk membayar iklan per-klik (PPC) atau Iklan PPC. Strategi yang ideal akan menjadi salah satu yang menggabungkan kedua metode ke skema SEO karena keduanya memiliki keuntungan dan kerugian pada dirinya sendiri. Meski pun ini adalah hal yang jarang terjadi dan bagi mereka yang tidak bisa memutuskan jalan mana yang harus diambil, berikut adalah ikhtisar dari pro dan kontra dari setiap metode.

SEO organik

SEO organik dianggap lebih dipercaya oleh orang-orang sebagai hal yang bisa menghasilkan popularitas dan trafik tentunya diperoleh melalui kerja dan investasi waktu yang melelahkan. Tingkat posisi Anda pada mesin pencari (Search Engine) diperoleh berdasarkan relevansi dan kualitas konten. Selama website Anda tetap sesuai dengan pertimbangan mesin pencari, ini membuat Anda tetap berada di atas pada hasil pencarian.

Akibatnya, hasil yang dihasilkan oleh SEO organik lebih tahan lama. Tidak taat pada waktu yang telah direncanakan sebelumnya melainkan adalah sebuah proyek berkelanjutan yang diubah dan ditingkatkan sepanjang waktu. Ini adalah bagian konstan dan harus dipertahankan dari strategi pemasaran. SEO organik juga memerlukan biaya yang relatif rendah terutama jika Anda menerapkan dan menulisnya sendiri misalnya artikel atau review. Anda juga memiliki kontrol penuh atas isi dari website Anda. Keputusan untuk menggunakan data atau memposting itu adalah urusan dan pekerjaan Anda, ini memungkinkan agar pekerjaan Anda tanpa campur tangan dari pihak ketiga sehingga kualitas konten Anda tidak terganggu.

Pada sisi negatif, SEO organik hasilnya tidak langsung. Mungkin diperlukan beberapa saat untuk website Anda untuk melihat trafik yang signifikan dan waktu yang dihabiskan untuk menunggu strategi ini bekerja sesuai dengan yang Anda inginkan disinyalir dapat mempengaruhi tingkat keuntungan dari website Anda. SEO adalah usaha yang rumit dan jika Anda adalah orang baru dalam industri ini Anda mungkin secara tidak sengaja akan menempatkan resiko pada website Anda.

Membayar Iklan PPC

Hal besar dan yang menarik dari penggunaan fasilitas iklan per-klik adalah hasil yang begitu cepat. Mendorong trafik ke website Anda dari link mencolok yang ditampilkan di atas mesin pencari. Atribut PPC ini seharusnya menjadi hal yang menarik untuk situs web yang mulai keluar. PPC juga lebih mudah dan lebih cepat untuk dilaksanakan karena prosedurnya tidaklah rumit seperti harus membuat artikel yang menghasilkan SEO organik.

Kekurangannya adalah jelas bahwa membayar akan memaksa Anda untuk mengeluarkan kocek lebih. Studi menunjukkan bahwa tingkat untuk harga PPC akan meningkat seiring dengan lebih banyaknya orang mengunjungi situs Anda, memang benar Anda akan membayar lebih untuk trafik. Ada juga penelitian yang menunjukkan bahwa orang cenderung untuk tidak percaya iklan yang terpampang dalam Search Engine dan karena itu mereka lebih memilih untuk tidak mengklik pada link tersebut lalu lebih memilih hasil pencarian organik. Tentu Anda sering menemukan sponsored results di Google kan? Mana yang Anda pilih, iklannya atau hasil pencariannya?

Tags: , , , , ,

AUTHOR

# Full time business development member, part time philosopher, amateur web programmer, Ubuntu lover, and guitar player.

Belum ada tanggapan untuk “Pro dan Kontra SEO Organik Lawan Iklan PPC”

Silakan Beri Komentar