SEO Dengan Long Tailing Keyword

Long Tailing Keyword membawa banyak traffic merupakan SEOBerapa banyak situs yang Anda miliki? Dan berapa banyak pula traffic yang dihasilkan dari kata kunci yang relatif panjang dibandingkan dengan kata kunci yang Anda targetkan dan lebih pendek? Ada seseorang mengatakan “Saya secara pribadi mendapatkan 60% traffic dari kata kunci yang relatif panjang dibandingkan dengan kata kunci yang pendek.” Oleh karena itu bagaimana kita dapat memanfaatkan kata kunci panjang untuk memaksimalkan traffic tanpa me-spam search engine?

Apakah itu kata kunci panjang?

Dalam bahasa Inggris kata kunci panjang ini disebut sebagai ‘Long tail keyword.’ Kata kunci panjang pada dasarnya adalah kata kunci yang berisi kata kunci utama ditambah dengan kata lain. Sebagai contoh, jika kata kunci utama adalah ‘etika bisnis’ contoh kata kunci panjang akan ‘etika bisnis di perusahaan Indosat’, ‘etika bisnis di perusahaan Bakrie Telecom‘, ‘etika bisnis di perusahaan PT Natrindo Telepon Selular atau Axis’, ‘etika bisnis di perusahaan operating system terbesar di dunia Microsoft’, dan lain-lain.

Kenapa kata kunci panjang bagus untuk digunakan?

Pertanyaan yang relevan dan tentu saja jawaban akan hal ini terkait dengan persoalan daya saing keyword. Sebagian besar kata kunci yang panjang memiliki daya kompetisi yang rendah di berbagai mesin pencari. Mungkin Anda berpikir “siapa yang membutuhkan penjelasan Etika bisnis di perusahaan Maju Terang?” Mungkin Anda tidak melihat betapa bervariasinya pencarian 1.6 milyar pengguna internet di seluruh dunia, coba bayangkan 30 halaman Anda berisi kata kunci yang panjang dan semua itu berbeda-beda, dan katakanlah bahwa dalam sebulannya setiap kata kunci panjang tersebut membawa 100 pengunjung saja. Ketika anda mengalikannya dengan jumlah 30 halaman tadi, maka Anda memiliki 3000 pengunjung unik setiap bulan. Absurd? Tetapi trik ini patut dicoba.

Lalu bagaimana untuk mencapai peringkat pertama dalam Search Engine dengan kata kunci tersebut? Tentu saja dengan memegang prinsip persaingan keyword yang makin sulit ditemukan, makin sedikit pula yang menulis keyword tersebut, maka Anda buatlah kata kunci yang panjang tersebut dengan seunik-uniknya. Makin unik yang dihasilkan maka kebanyakan Search Engine menganggap bahwa itu sumber baru yang benar uniknya, dan perlu diindex dengan segera, maka dengan ini Anda bisa mencapai jajaran halaman pertama di pencarian Search Engine.

Kata kunci panjang merupakan salah satu trik SEO yang patut dipertimbangkan karena, persaingan keyword yang minim. Tetapi tentu saja kata kunci panjang harus unik dan terdapat di halaman yang berbeda-beda. Anda harus bekerja keras dalam hal ini. Blog Engine seperti WordPress mau pun Blogspot memiliki SEO yang baik dalam menampilkan artikel terbaru, dan memang seharusnya begitu. Pada halaman utama atau homepage tentu saja artikel yang terbaru diperlihatkan. Oleh karena itu judul di sini juga harus dioptimalisasi menjadi Long tail keyword, selamat berkreasi! 😎

Tags: , , , ,

AUTHOR

# Full time business development member, part time philosopher, amateur web programmer, Ubuntu lover, and guitar player.

2 tanggapan untuk “SEO Dengan Long Tailing Keyword”

  1. November 13th, 2009 at 07:06 | #1

    lebih panjang lebih lengkap lebih banyak memuat kata

  2. December 11th, 2010 at 16:44 | #2

    Long tail keyword membawa banyak rejeki ya mas. Kebanyakan orderan saya didapat dari long tail keyword.
    Thanks for sharing yaa

Silakan Beri Komentar