Mencegah Baterai Laptop atau Notebook Kepanasan

laptop batteries, laptop charger, battery, charger, dell, acer, asus, much moreSalah satu masalah yang paling umum dengan baterai laptop atau notebook (laptop battery) adalah overheating. Bukan karena baterai yang dirancang itu jelek atau ada kesalahan dalam produksi melainkan karena sudah aus gara-gara kelamaan dipakai. Sementara itu laptop menggunakan adaptor AC untuk mengisi baterai yang bertindak sebagai  tenaga cadangan jika terjadi listrik mati atau adaptornya tidak sengaja tercabut. Ketika menggunakan adaptor untuk mencharge baterai maka baterai akan lebih panas dibandingkan jika memakai baterai tanpa colokan adaptor. Untuk mengurangi kemungkinan timbulnya panas yang mengarah pada cepat rusaknya baterai maka baiknya pasang adaptor untuk baterai laptop hanya jika Anda perlu untuk mengisi daya baterai saat menggunakan perangkat.


Jika baterai lama-lama mengalami kepanasan yang berlebih, segera keluarkan dan biarkan hingga dingin sampai pada suhu ruangan sebelum memasukkannya lagi ke laptop. Jika baterai panas lagi atau bahkan panasnya semakin parah mungkin baterai tersebut perlu diganti (battery replacement). Selalu mengganti baterai rusak secepat mungkin karena dapat menyebabkan kerusakan pada laptop yang bersangkutan. Overheating dalam men-charge baterai ini adalah isu yang sering terjadi pada laptop, selain itu ada pula masalah lain yaitu pada adaptop laptop itu sendiri.

Pertama, lihatlah untuk mengecek apakah adaptor AC secara benar telah dicolokkan ke perangkat, tingkat ke-pas-an antara jack adaptor terhadap laptop itu sendiri berbeda-beda bagi masing-masing jenis laptop oleh karenanya ini perlu dicek terlebih dahulu. Untuk memeriksa apakah ada aliran listrik yang berjalan dari adaptor ke laptop sebaiknya dicek dulu bagian LED adaptor.  Jika tidak menyala cobalah goyangkan kabel adaptor untuk melihat apakah ada kedip-kedip pada LED, jika ada maka bisa jadi kabel adaptor Anda rusak. Maka solusi yang tepat adalah ganti dengan adaptor baru. Atau barangkali karena sudah kesal sekalian saja membeli baterai yang baru juga, tetapi untuk memperbaiki adaptor AC tidaklah sulit dikarenakan menggunakan rangkaian elektronik sederhana sehingga Anda bisa coba-coba untuk memperbaikinya. Selamat mencoba dan hati-hati kesetrum.

Tags: , , , , , , , ,

AUTHOR

# Full time business development member, part time philosopher, amateur web programmer, Ubuntu lover, and guitar player.

4 tanggapan untuk “Mencegah Baterai Laptop atau Notebook Kepanasan”

  1. November 4th, 2009 at 05:44 | #1

    is, kalo udah terlanjur soak, gimanah? gantiiinn donggg beliiin yang baru… :p

  2. January 17th, 2010 at 08:18 | #2

    jadi intinya gimana nih, kalau mau sambil di charge battre harus keadaan terpasang atau tidak terpasang…? 🙁

  3. March 16th, 2010 at 12:03 | #3

    Mas Kalau layar Laptop sering mati (tapi mesinnya tetap hidup) setiap dua jam sekali masalahnya apa ya…Tolong kirim jawabannya ke email saya ya… thanks b4.

  4. lia
    April 17th, 2010 at 20:43 | #4

    laptop saya hanya bs d cas dlm keadaan off saja , sdgkn ketika d gunakn(dlm keadaan ON) tdk dpt d cas ato sistem mnglmi eror, apakah pnybb trsebut, tlng d kirim k email saya, thx b4

Silakan Beri Komentar