Etika dan Fokus Studi Etika

Ethic StudiMata kuliah etika bertujuan untuk membangun kesadaran kritis filsafati atas fenomena moral yang harus dibedakan secara tegas dengan ajaran moral yang lebih menekankan kewajiban tanpa harus bertanya tentang imperative murni tanpa syarat. Maka etika lebih mempertanyakan dan mempersoalkan argumen di balik adanya larangan dan kewajiban, hak dan kewajiban manusia untuk taat dan tidak taat pada norma, hak atas institusi untuk memberlakukan norma yang harus ditaati.

Mata kuliah etika berisi bahasan atas persoalan sebagai berikut: Sejarah singkat perkembangan Filsafat Moral. Pengertian Etika, Norma dan Asas Norma. Kebebasan Manusia. Fenomena Hati Nurani dan Kesadaran Moral. Hak, Kewajiban dan Keadilan, Kaidah Dasar Moral dan Makna Otonomi Kesadaran, Kebaikan, Kebajikan dan Kebahagiaan, Nilai Etika dan Masalahnya. Etika Teoritik dan Normatif, Etika Keutamaan dan Kewajiban. Aliran Etika yang mendasarkan atas: Kewajiban, Kesenangan, Perwujudan Diri, Kekuasaan, Adat. Universalisasi dan Relativitas Norma Moral. Ada pun pustaka yang bisa dijadikan referensi yaitu sebagai berikut

  • Zubair, A.C., 1990, Kuliah Etika, Rajawali, Jakarta
  • Magniz-Suseno, Franz, 1989, Etika Umum, Kanisius, Yogyajarta
  • Bertens, K., 1999, Etika, Gramedia Jakarta

Fokus Studi Etika

Morality StudyMata kuliah ini membahas perkembangan etika dari awal munculnya moralitas yang menyertai berbagai peradaban besar dunia hingga zaman kontemporer. Ketika manusia mulai mengenal norma baik-buruk untuk mengatur kehidupan bersama di dalam masyarakat, maka saat itulah muncul moralitas. Etika adalah filsafat yang mengkaji moralitas; meski pun hanya secara implisit, setiap peradaban besar memiliki pandangan tentang moralitas. Tugas sejarah etika adalah mengeksplisitkan pandangan moralitas yang implisit itu. Peradaban besar yang akan dikaji pandangan moralitasnya adalah: Babilonia, Mesir Kuno, Cina, India, Yunani Kuno, Romawi, dan Eropa Zaman Kontemporer.

Karena sangat luasnya pokok kajian mata kuliah sejarah etika, untuk menghindari pembahasan yang terlalu luas namun dangkal, maka setiap semester penekanan dapat diberikan hanya pada beberapa zaman; zaman yang lain dibahas namun tidak secara rinci dan lebih sebagai pembanding bagi zaman yang mendapat penekanan dalam pembahasan. Pustaka yang mendukung mata kuliah ini antara lain:

  • Cahan, S., M. and Haber, J. G., eds., 1995, Twentieth Century Ethical Theory.
  • Gupta, B., (ed.), 2002, Ethical Questions: East and West, Rowman & Littlefield.
  • Lewis, C.S., 1955, The Abolition of Man: How Education Develops Man’s Sense of Morality, Macmillan.
  • Morgan, M., L., ed., 1992, Classics of Moral and Political Theory, Hacket Publishing Company
Tags: , , , , , , , , , ,

AUTHOR

# Full time business development member, part time philosopher, amateur web programmer, Ubuntu lover, and guitar player.

Belum ada tanggapan untuk “Etika dan Fokus Studi Etika”

Silakan Beri Komentar