Masalah Pasca Instalasi Apache 2

Pertama-tama saya ceritakan dulu mengapa kok saya mencoba untuk menginstal Apache di notebook teman saya. Kebosanan yang tak kunjung henti membuat saya menginstal Apache untuk sekedar bermain-main dengan pemrograman. Saya mulai memasukkan FD saya ke notebook tersebut Acer 4920, lalu saya langsung menginstal Apache dari directory Programs/apache_2.2.8-win32-x86-no_ssl.msi.

Ya, benar saya menggunakan Windows XP Professional SP2. Lalu saya mulai dengan dobel klik tet tet tet next next next sampai akhirnya pada setting nama domain saya set dengan www.apaajadeh.com. Next, next, next dan akhirnya selesailah instalasi Apache 2. Horeeee.. sebegitu senangnya hahhaah.. ternyata pas di Run lewat cmd dengan perintah net start apache2.2, Bisa!! Yes! Lalu saya jalankan Mozilla Firefox 2 dan saya masukkan address http://127.0.0.1 klik! (Berharap mendapat tulisan It Works) eh ternyata malah loading tanpa henti. Lalu saya coba lagi untuk set di httpd.conf apa mungkin salah setting VirtualHost? Saya cek kembali dan ternyata tidak ada yang salah di situ ServerName-nya pun sudah benar dan Listen di port 80.


Saya utak-atik sampai ke Administrator Tools lalu Services, saya coba untuk mendisable beberapa Services dan tetap saja tidak bisa. Kebetulan di notebook teman saya ini memakai antivirus NOD, timbullah pikiran untuk mendisablenya karena mungkin saja ada firewall antivirus yang mencoba blocking port 80, lalu saya disable. Langsung menuju Firefox dan saya refresh, namun hasilnya tetap saja loading yang tak kunjung henti. Saya mulai kesal lalu mencoba untuk mendisable firewall bawaan Windows XP dan kembali saya refresh Firefox hasilnya juga sama. Saya mulai bingung, tapi setelah berpikir sekian lama akhirnya saya coba untuk membuka log pada directory Apache saya instal.

Saya buka file error.log ternyata ketemu errornya, ternyata ada masalah pada Dynamic Address Resolution dan VPN error. Error seperti ini baru pertama kali saya alami, lalu setiap kali saya refresh Firefox dan saya tunggu sekitar satu menit, ternyata error.log tadi bertambah ukuran filenya tadinya 40MB menjadi 1.3GB. Akhirnya untuk mengatasi hal ini saya menyerah dan uninstall Apache. Ada yang bisa membantu? J

Tags: , , , , ,

AUTHOR

# Full time business development member, part time philosopher, amateur web programmer, Ubuntu lover, and guitar player.

2 tanggapan untuk “Masalah Pasca Instalasi Apache 2”

  1. nobody’s
    January 30th, 2009 at 01:20 | #1

    apakah semua konfigurasi untuk httpd.conf udah bener?
    misal :
    >Path untuk root directory anda, secara default root directory anda berada di dalam folder htdocs (apabila anda menggunakan OS Windows). root directory adalah tempat menyimpan semua file-file html anda, sehingga ketika terjadi request ke port 80 pada IP anda misal 127.0.0.1 (localhost) maka yg diload pertama adalah file dengan nama index.html pada folder ini. Untuk mengetesnya silahkan anda buat sebuah file html sederhana, beri nama index.html kemudian simpan ke dalam folder htdocs. jalankan service apache anda, kemudian coba anda access kembali server apache anda lewat browser

  2. May 28th, 2009 at 20:24 | #2

    maaf saya oon neh, cuma pengin ngoment ajah….

Silakan Beri Komentar